Home Berita DISEMINASI PANDUAN PENILAIAN TEKNOLOGI KESEHATAN

DISEMINASI PANDUAN PENILAIAN TEKNOLOGI KESEHATAN

7339
0
SHARE

 

Pelaksanaan HTA di Indonesia dilaksanakan oleh Komite Penilaian Teknologi Kesehatan (Komite PTK) yang dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 171/MENKES/SK/IV/2014 tentang Komite Penilaian Teknologi Kesehatan dan selanjutnya diperbaharui dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.02/Menkes/422/2016 tentang Komite Penilaian Teknologi Kesehatan. Komite PTK secara umum bertugas untuk melakukan kajian teknologi kesehatan menggunakan pendekatan multi disiplin, termasuk epidemiologi klinis, ekonomi kesehatan, biostatistik dan metode penelitian kualitatif yang sesuai.Pelaksanaan kajian teknologi kesehatan berfokus pada evaluasi ekonomi kesehatan dengan menggabungkan data biaya (cost) dan luaran kesehatan (health outcome) dari suatu intervensi kesehatan. Kajian ini akan menjawab pertanyaan kebijakan mengenai intervensi kesehatan yang baru mapupun yang sedang digunakan dalam paket manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Sebagai keluaran (output) adalah nota rekomendasi kebijakan kesehatan dan oleh Komite PTK hasilnya akan dilaporkan kepada Menteri Kesehatan.

Kajian PTK dilaksanakan oleh Tenaga Teknis Komite PTK dan para agen PTK. Para agen PTK berasal dari universitas, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, unit lain di Kementerian Kesehatan, dan rumah sakit. Dalam pelaksanaan kajian PTK tersebut, diperlukan panduan pelaksanaan yang digunakan secara nasional.

Panduan Pelaksanaan PTK memuat tiga bagian, yaitu evaluasi efektivitas klinis, evaluasi ekonomi dan analisis dampak terhadap anggaran, dan mekanisme atau langkah-langkah pelaksanaan penilaian teknologi kesehatan. Bertujuan menginformasikan Panduan Pelaksanaan PTK, maka diadakanlah kegiatan diseminasi yang mengundang stakeholder terkait.

Beberapa materi yang disampaikan antara lain sebagai berikut: Langkah-langkah Pelaksanaan PTK, Pelaksanaan Assessment Teknologi Kesehatan:Telaah Klinis, Pelaksanaan Assessment Teknologi Kesehatan: Evaluasi Ekonomi, Pelaksanaan Assessment Teknologi Kesehatan: Analisis Dampak Terhadap Anggaran, Pelaksanaan Appraisal Hasil Assessment Teknologi Kesehatan, Institusionalisasi Komite PTK dan Stakeholder Engagement, Pemaparan tentang Mekanisme Appraisal studi PTK oleh Ketua Komite PTK, serta Mekanisme pendanaan studi PTK bersumber BPJS Kesehatan.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 16-18 Februari 2017 di Hotel Harris Tebet dan diikuti sebanyak 80 Peserta yang terdiri dari Pejabat Struktural dilingkungan Kemenkes, Para Direktur RS Terpilih, Komite PTK, Para dekan fakultas terpilih, perwakilan perimpunan profesi, BPJS Kesehatan, dan perwakilan dari pusat penelitian terpilih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here