Home HTA MENGUKUR KUALITAS HIDUP ORANG INDONESIA

MENGUKUR KUALITAS HIDUP ORANG INDONESIA

6597
0
SHARE

 

Bagaimanakah cara mengukur kualitas hidup? Apakah cukup dengan mengatakan bahwa saya merasa sehat atau sakit? Selanjutnya, apakah perasaan sehat atau sakit tersebut dapat dikuantifikasi atau diberi nilai?

Para ahli berusaha memberikan nilai atau menguantifikasi perasaan sehat atau sakit tersebut.  Salah satunya dengan menggunakan kuesioner kualitas hidup.  Kuesioner umum yang biasa digunakan adalah EQ-5D (EuroQoL 5-Dimensions) yang dikeluarkan oleh EuroQoL Office yang berkantor di Eropa.

Kuesioner menilai lima dimensi, yaitu mobility, self-care, usual activity, pain/discomfort, dan anxiety.  Kuesioner menghasilkan nilai dengan rentang nilai 0-1.  Nilai 0 menandakan mati dan nilai 1 menandakan kesehatan sempurna.

Kuesioner tersebut tersedia dalam berbagai bahasa, salah satunya bahasa Indonesia.  Bagi para pengguna dapat memeroleh kuesioner tersebut dengan menghubungi pihak EuroQoL (www.euroqol.org).  Apabila kuesioner digunakan untuk tujuan akademis, maka pihak pengguna tidak akan dikenakan biaya, kecuali untuk tujuan komersil.

Kuesioner EQ-5D dapat digunakan untuk berbagai kalangan, mulai dari peneliti sampai dengan pembuat kebijakan, dan berbagai bidang – kesehatan, psikologi, maupun ekonomi.  Dalam bidang kesehatan, nilai yang didapat dari kuesioner tersebut dapat digunakan dalam melakukan studi Health Technology Assessment (HTA) atau Penilaian Teknologi Kesehatan (PTK).

Nilai Kualitas Hidup

Nilai kualitas hidup (value set) Indonesia telah dikembangkan oleh mahasiswa S3 Indonesia yang bersekolah di Belanda – Frederick Purba – seorang dosen di Fakultas Psikologi Universitas Pajajaran Bandung.

Pada disertasinya, Purba menyajikan value set Indonesia yang didapat dari pengumpulan data masyarakat Indonesia di beberapa wilayah, ras, agama, pendidikan, dan jenis kelamin. Dengan adanya value set Indonesia tersebut, maka pengukuran kualitas hidup orang Indonesia dapat dengan mudah dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here