Home Pembiayaan PELAKSANAAN UJI COBA INSTRUMEN RIWAYAT KESEHATAN LAYANAN SKRINING PADA PROGRAM JKN

PELAKSANAAN UJI COBA INSTRUMEN RIWAYAT KESEHATAN LAYANAN SKRINING PADA PROGRAM JKN

6289
0
SHARE

Pelaksanaan uji coba instrumen riwayat kesehatan pada 68 responden dengan latar belakang berbeda dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2017 di Gedung Prof. Sujudi Lt 3 yang didampingi oleh BPJS Kesehatan dari grup Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan perbaikan mendukung pelaksanaan perangkat layanan skrining dan deteksi dini yang tengah dipersiapkan agar lebih valid dan realibel dengan perluasan sesuai kebutuhan dilapangan sehingga dapat berjalan dengan baik.

Dalam rangka memberikan manfaat layanan skrining yang komprehensif kepada peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan telah mempunyai layanan skrining awal riwayat kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terhadap beberapa penyakit yang berpotensi katastropik (4 penyakit) yaitu Diabetes Melitus (DM), Jantung, Gangguan Ginjal, dan Hipertensi

Sehubungan dengan meningkatnya beban biaya (finansial burden) terhadap penyakit-penyakit katastropik tersebut, dipandang perlu untuk dilakukan perluasan  salah satunya  jenis penyakit yang diskrining yaitu  kanker dan thalassemia. Untuk itu diperlukan juga pengembangan variabel formulir dan aplikasi skrining yang telah ada.

Pedoman dan aplikasi  skrining yang tengah disusun nanti diharapkan menjadi acuan agar penyakit yang berpotensi katastropik tersebut dapat terdeteksi sejak dini di fasilitas kesehatan tingkat pertama sehingga diharapkan dapat mencegah menjadi severity yang lebih tinggi.

Pelaksanaan uji coba instrumen riwayat kesehatan ini dapat memberikan perbaikan mendukung pelaksanaan perangkat layanan skrining dan deteksi dini yang tengah dipersiapkan agar lebih valid dan realibel dengan perluasan sesuai kebutuhan dilapangan sehingga dapat berjalan dengan baik

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here