Home HTA STUDI PENILAIAN TEKNOLOGI KESEHATAN (PTK) TAHUN 2017

STUDI PENILAIAN TEKNOLOGI KESEHATAN (PTK) TAHUN 2017

3157
2

Penilaian Teknologi Kesehatan (PTK) merupakan rangkaian kegiatan analisis yang dilakukan secara sistematik dengan pendekatan multidisiplin untuk menilai dampak penggunaan teknologi kesehatan dalam program JKN.

Komponen penting dalam PTK adalah assessment teknologi kesehatan dan appraisal hasil assessment teknologi kesehatan. Assessment teknologi kesehatan dilakukan oleh tenaga teknis Komite PTK/ agen/ tim/ unit PTK dan appraisal dilakukan oleh Komite PTK.

Pada tahun 2017 telah dilaksanakan 4 (empat) Studi Penilaian Teknologi Kesehatan (PTK) oleh Agen dari Universitas dan Tenaga Teknis PTK. Keempat studi tersebut berjudul : 1) Pentingnya review pemanfaatan obat sebagai bagian dari proses klaim dalam JKN : sebuah kasus dari nilotinib untuk pasien leukemia granulositik kronik (LGK); 2) Penilaian terhadap luaran klinis dan biaya insulin analog dibandingkan dengan insulin human untuk diabetes tipe 2 : literature review dan survei biaya; 3) Efektivitas klinis dan evaluasi ekonomi terapi cetuximab untuk pasien kanker kolorektal dengan metastasis (mCRC); 4) Evaluasi ekonomi bevacizumab sebagai terapi tambahan terhadap kemoterapi untuk mCRC di Indonesia.

Pada tanggal 05-08 Februari 2018 dilaksanakan pertemuan untuk menyelesaikan studi PTK tahun 2017 yang dihadiri oleh Komite Penilaian Teknologi Kesehatan, Tenaga Teknis PTK,  Agen PTK dari Universitas Indonesia (UI)  dan Universitas Gajah Mada (UGM) di Hotel Harris Tebet Jakarta. Kegiatan berlangsung dengan pendampingan teknis dari Health Intervention and Technology Assessment Program (HITAP) Thailand yang diketuai Dr Yot Teerawattananon dengan anggota berjumlah 7 orang : Dr Thunyarat Anothaisintawee; Waranya Rattanavipapong; Manushi Sharma; Benjarin Santatiwongchai; Juliet Eames; Kittiphong Thiboonboon dan Rajibul Islam.

Hasil studi PTK 2017 diharapkan dapat memberikan rekomendasi kebijakan dalam mendukung pelaksanaan JKN yang lebih baik.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here