Pertemuan Koordinasi Dalam Rangka Penyelesaian Sengketa Klinis JKN Tahun 2019

0
758

Pertimbangan Klinis merupakan salah satu bentuk upaya menjamin kendali mutu dan kendali biaya melalui penyelesaian sengketa dan juga sebagai upaya penguatan sistem JKN. Pada pelaksanaannya untuk skala provinsi diselenggarakan oleh Tim Pertimbangan Klinis serta ditetapkan oleh Gubernur, sedangkan pada skala pusat diselenggarakan oleh Dewan Pertimbangan Klinis yang ditetapkan oleh Menteri. Demikian disampaikan oleh Kepala Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan dalam pertemuan Koordinasi dan Sosialisasi Penyelenggaraan Pertimbangan Klinis dalam Penyelenggaraan JKN di Bekasi dengan tujuan untuk melakukan koordinasi dan sosialisasi pelaksanaan pertimbangan klinis diantara para pemangku kepentingan penyelenggaraan JKN.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan membuka secara resmi, dan dalam arahannya drg. Oscar Primadi, MPH, menyampaikan bahwa ke depan pemerintah akan berupaya dalam meminimalisir dan mengurangi kecurangan baik dari sisi peserta maupun dari fasilitas kesehatan. Bentuk upaya penanganan kecurangan di antaranya, melalui pembentukan Pokja serta penyempurnaan Permenkes.

Selama berlangsung terdapat antusiasme dari peserta yang hadir dan sepakat bahwa  fungsi pertimbangan klinis dikembangkan dan dimantapkan sebagaimana Perpres 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan anatara lain sebagai penyelesaian sengketa klinis yang belum dapat diselesaikan oleh Dinas Kesehatan ataupun BPRS secara mediasi atau pengadilan. Sejalan dengan itu, TPK provinsi diharapkan ditetapkan oleh SK Gubernur. Selanjutnya akan dibangun jejaring komunikasi TPK dan DPK terutama terkait penyelesaian sengketa dan usulan-usulan untuk berkoordinasi dari para pemangku kepentingan dalam rangka penguatan sistem ditampung dan ditindaklanjuti dalam bentuk revisi Permenkes Nomor 5 tahun 2016 tentang penyelenggaraan pertimbangan klinis.

Materi Pertemuan Koordinasi dan Sosialisasi Penyelenggaraan Pertimbangan Klinis yang diselenggarakan di Hotel Horison Bekasi pada tanggal 20 – 22 Februari 2019.

Untuk materi pertemuan dapat diunduh pada link berikut: Download

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here