Konferensi tahunan HTAsiaLink merupakan  jaringan lembaga penelitian yang  didirikan pada tahun 2010 dengan tujuan untuk memperkuat kerjasama antara badan-badan Penilaian Teknologi Kesehatan (PTK) di Asia Pasifik. Pertemuan ini merupakan ajang pertukaran pengetahuan dan pengalaman di antara pengalaman lembaga anggota dan mengidentifikasi rencana pengembangan jaringan tahun depan.

Sejak didirikan pada tahun 2010 sampai dengan sekarang, ada 34 lembaga dari 17 negara yang telah bergabung. Konferensi international ini dilakukan satu kali dalam setahun dengan tuan rumah dari negara anggota. Salah satu kegiatan utama jaringan HTAsialink adalah mengadakan konferensi tahunan yang dimulai pada tahun 2012 di Thailand. Tahun berikutnya konferensi dilaksanakan di Malaysia, China, Taiwan, Singapura, Vietnam dan Korea.

Pertemuan ini bertujuan untuk : 1) memperkuat kerjasama antara badan penilaian teknologi kesehatan (PTK) di Asia Pasifik; 2) memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman dalam penilaian teknologi kesehatan (PTK) diantara 17 negara anggota; 3) peningkatan kapasitas peneliti muda oleh tenaga ahli international.

Pada tanggal 24-27 April 2019 telah dilaksanakan Konferensi HTAsiaLink ke 8 di Seoul Korea yang dihadiri  oleh para negara anggota, dari Australia, Bhutan, Cina, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Pada pertemuan tersebut dihadiri delegasi Indonesia dari Kementerian Kesehatan (PPJK, Biro Perencanaan dan Biro Kerjasama Luar Negeri) dan Komite Penilaian Teknologi Kesehatan.  Indonesia memiliki kepentingan dalam pertemuan kali ini, karena HTAsiaLink ke 9 akan dilaksanakan di Bali Indonesia yang rencananya pada bulan April tahun 2020 dengan Tema: “HTA in Asia – Bridging Evidence to the UHC Benefit Adjustment”.

Output dari konferensi ini diharapkan dapat mengatasi tantangan dalam sistem kesehatan di wilayah Asia Pasifik dalam menuju UHC dengan sumber data yang terbatas.  Dalam pertemuan tersebut disepakati beberapa hal antara lain :1) penilaian Teknologi Kesehatan (PTK) / Health Technology Assessment (HTA) dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain teknologi HTA, politik, profesionis, pasien, industri, insentif, sistem pelayanan kesehatan, norma global, data, riset dan pendidikan; 2) perlu adanya institusionalisasi HTA/PTK; 3) perlu kesepakatan metode yang digunakan dalam HTA; dan 4) dalam penerapan HTA dibutuhkan analisa ekonomi kesehatan dan bagaimana mengimplementasi HTA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here