Memupuk Kemampuan ASN Dalam Analisis Efisiensi Dan Efektivitas Pembiayaan Kesehatan

0
109

Konsep kelangkaan (scarcity) dan pilihan (choice) merupakan dua konsep penting bagi setiap orang yang terlibat dalam perencanaan dan penyediaan pelayanan kesehatan. Ketersediaan sumber daya tidak pernah cukup bagi semua program kesehatan. Oleh karena itu, perlu dibuat pilihan dan anggaran dialokasikan seefisien mungkin untuk memenuhi tujuan kesehatan.

Dengan meningkatnya alokasi anggaran dan pengeluaran kesehatan setiap tahunnya diperlukan suatu cara yang lebih efisien dalam memberikan pelayanan kesehatan sebagai perwujudan dari optimalisasi nilai uang (value for money). Selanjutnya pemantauan terhadap hasil atau indikator kinerja kesehatan juga diperlukan untuk memastikan efisiensi pendanaan.

Sehubungan hal tersebut, Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan melakukan workshop untuk meningkatkan kapasitas aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Kesehatan RI dalam melakukan analisis efisiensi dan efektivitas pembiayaan kesehatan. Kegiatan tersebut mengundang berbagai narasumber dari Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Prasetya Mulya, dan Bank Dunia. Workshop dilaksanakan di Bekasi pada tanggal 14 – 16 November 2019 dengan mengundang unit-unit di Kementerian Kesehatan RI dan para peneliti dari universitas.

Pada workshop disampaikan pengenalan konsep dan metodologi analisis efektivitas dan efisiensi pembiayaan kesehatan, berbagi pengalaman dalam melakukan analisis, dan latihan melakukan analisis menggunakan software RWorkshop ini disampaikan dengan metode ceramah dan interaktif, baik melalui diskusi maupun games.

Pada akhir pertemuan sebagai penutup disampaikan bahwa kegiatan ini direncanakan dilakukan secara kontiniu setiap tahun. Diharapkan kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat diaplikasikan pada unit kerja masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here