Ringkasan Eksekutif Analisis Efisiensi Pembiayaan Kesehatan Pada Program Kesehatan Bersumber BOK Puskesmas Tahun 2017

0
863

Bantuan Opersional Kesehatan (BOK) yang digunakan untuk membantu upaya program promotif dan preventif meningkat setiap tahunnya.  Akan tetapi, keluaran kesehatan tetap rendah.  Tujuan analisis ini adalah menilai efisiensi teknis pada program kesehatan masyarakat yang menggunakan BOK. Program kesehatan masyarakat pada analisis ini adalah program kesehatan ibu dan anak, serta imunisasi.

Analisis ini menggunakan model Produksi Kesehatan melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan berdasar pada data Puskesmas tahun 2017.  Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat variasi skor efisiensi antar kabupaten/kota. Kabupaten/kota dengan skor efisiensi tinggi berada di area kaya atau mudah diakses. Hasil kualitatif menunjukkan bahwa kabupaten/ kota dengan perencanaan bottom-up dan top-down, dasar pembagian distribusi, dan beberapa kriteria untuk setting prioritas memiliki skor efisiensi yang tinggi.

Dengan melihat bagaimana anggaran dialokasikan dan dikelola, serta program diimplementasikan, dimonitor, dan dievaluasi, kabupaten/kota masih memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi dalam mencapai output kesehatan dengan menggunakan sumber daya kesehatan yang dimilikinya. Selanjutnya, Pemerintah perlu memberikan perhatian pada kabupaten/kota yang menggunakan input lebih banyak, tetapi output yang dihasilkan rendah.

Policy Brief terkait hasil analisis BOK dapat diunduh disini policy brief_BOK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here