Pengukuran Luaran Dalam Evaluasi Ekonomi (part 1)

0
573
QALY and DALY

Dalam studi penilaian teknologi kesehatan (PTK) terdapat dua luaran yang diukur, yaitu luaran klinis dan luaran non-klinis. Dalam artikel ini, pembahasan difokuskan untuk pengenalan luaran non-klinis berupa utilitas.

Utilitas merupakan ekspresi kuantitatif dari preferensi individu terhadap kondisi kesehatan tertentu pada kondisi uncertainty. Hasil pengukuran utilitas akan menghasilkan satu ukuran luaran berbobot tunggal, sehingga dapat dilakukan perbandingan antar intervensi teknologi kesehatan atau penyakit yang berbeda. Panduan PTK menyebutkan satuan utilitas dapat dinyatakan dalam QALY (Quality Adjusted Life Years) dan DALY (Disability-Adjusted Life Year). Untuk studi mengenai obat atau melibatkan pasien biasanya digunakan luaran utilitas QALY, sedangkan untuk studi mengenai disease burden yang bersifat makro, lebih sering menggunakan luaran utilitas dalam DALY.

Pembobotan untuk QALY dan DALY menggunakan intepretasi penilaian yang berbeda. Pada QALY yang digunakan adalah utility weight dengan mengukur willingness untuk hidup sehat dengan skala 0-1, dimana 1 mewakili kesehatan yang sempurna dan 0 mewakili kematian. Sedangkan pada DALY, yang digunakan adalah disability weight dimana non-desirability terhadap kecacatan diberikan nilai 0 – 1, dimana 0 mewakili kesehatan yang sempurna dan 1 mewakili kematian. Pembobotan diberikan untuk memperhitungkan tingkat keparahan penyakit dalam memperhitungkan angka  kematian dan morbiditas. Dengan adanya pembobotan akan memberikan ekstra atau prioritas pada penyakit yang paling parah (BJarne; 2005).

Bagaimana beda pengukuran QALY dan DALY?

  1. QALY mengukur jumlah tahun hidup dan kualitas hidup yang dikaitkan dengan intervensi tertentu. Nilai QALY didapatkan dengan mengalikan jumlah tahun hidup yang diperoleh dengan kualitas hidup/ utilitas.

    QALY = Quantity (Life expectancy) * Quality (Health Related Quality of Life/Utility)

    Dalam studi PTK, nilai utilitas diperoleh menggunakan kuesioner generik EQ-5D-5L.

  2. DALY mengukur perbedaan atau kesenjangan antara kesehatan populasi saat ini dengan situasi ideal, yaitu kondisi dimana setiap orang mencapai usia harapan hidup standar dengan terbebas dari penyakit dan kecacatan. DALY diukur berdasarkan asumsi bahwa waktu merupakan ukuran yang paling tepat untuk mengukur beban penyakit, termasuk waktu hidup yang dijalani dengan kecacatan dan waktu yang hilang disebabkan kematian dini.

            DALY = YLL (Years of Life Loss) + YLD (Years Lost due to Disability),

dimana

YLL= N (jumlah kematian) x L (standar harapan hidup berdasarkan usia dalam tahun)

YLD= P ( Jumlah prevalens kasus) x DW (faktor disabilitas)

Bagaimana beda interpretasi hasil QALY dan DALY?

  1. Satu QALY’s gained diintepretasikan sebagai satu tahun hidup berkualitas yang diperoleh. Ketika dikaitkan dengan biaya yang dibutuhkan untuk menyediakan intervensi tersebut, maka QALY digunakan untuk mendapatan rasio cost/QALY gained, yaitu biaya yang dibutuhkan untuk satu tahun dalam hidup sehat, yaitu persepsi mengenai hidup tanpa sakit atau penyakit.
  2. Satu DALYs averted diintepretasikan sebagai hilangnya satu tahun hidup yang sehat. Ketika dikaitkan dengan dengan biaya yang dibutuhkan untuk menyediakan intervensi, maka DALY digunakan untuk mendapatkan rasio cost/DALY averted, biaya untuk mencegah 1 tahun hidup yang hilang/life years lost.

Saat ini, paling banyak topik kajian PTK yaitu untuk obat dengan QALY sebagai sebagai luaran utilitas. Nilai QALY diperoleh melalui kuesioner generik EQ-5D yang dikembangkan oleh EuroQoL foundation, dengan versi terbaru yaitu EQ-5D-5L yang dapat diperoleh secara gratis untuk penggunaan non-komersial (info: euroqol.org). Salah satu keunggulan menggunakan kuesioner EQ-5D-5L yaitu telah memiliki value set Indonesia, yang artinya nilai utilitas yang dihasilkan merupakan nilai yang dibangun berdasarkan preferensi sampel dari penduduk di Indonesia. Penjelasan lebih lanjut mengenai kuesioner EQ-5D dapat merujuk pada artikel sebelumnya di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here