Home Jaminan Kesehatan Kepesertaan Pemutakhiran Peserta PBI Jaminan Kesehatan

Pemutakhiran Peserta PBI Jaminan Kesehatan

586
0

Pemerintah baru saja melakukan penggantian sejumlah 5,2 juta peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Program Jaminan Kesehatan Nasional yang terindikasi memiliki NIK tidak valid dan tidak akses pelayanan kesehatan sejak tahun 2014.

Penggantian tersebut dilakukan karena peserta yang bersangkutan dianggap tidak sesuai lagi dengan kriteria fakir miskin dan tidak mampu karena tidak masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang ditetapkan oleh Menteri Sosial, diharapkan dengan penggantian ini dapat memastikan bahwa peserta PBI Jaminan Kesehatan yang iurannya dibayarkan oleh Pemerintah Pusat dapat tepat sasaran.

Kementerian Kesehatan telah menindaklanjuti dengan melakukan pendaftaran perubahan peserta PBI Jaminan Kesehatan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Sosial Nomor 79/HUK/2019 tentang Penonaktifan dan Perubahan Data Peserta Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan mulai 1 Agustus 2019 lalu.

Kemungkinan di lapangan masih ada potensi peserta yang telah dinonaktifkan namun masih membutuhkan pelayanan kesehatan, Kemenkes, Kemensos, BPJS Kesehatan telah berkoordinasi dan sosialiasi kepada Pemerintah Daerah terkait penonaktifan tersebut. Peserta tersebut diharapkan dapat melaporkan ke Dinas Sosial setempat untuk didaftarkan oleh Pemerintah Daerah menjadi peserta JKN KIS, selanjutnya Dinas Sosial dapat mengusulkan peserta yang bersangkutan kembali menjadi PBI Jaminan Kesehatan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kedepannya juga akan dibentuk Tim Satgas ditingkat pusat maupun daerah, dimana Tim Satgas tersebut berfungsi untuk melakukan monitoring perubahan data PBI Jaminan Kesehatan.

Untuk pengecekan status kepesertaan PBI Jaminan Kesehatan bisa menggunakan tautan: https://cekbansos.siks.kemsos.go.id/kemsos/pencarian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here